Reksadana Cipta Saham Unggulan Syariah

Reksadana Cipta Saham Unggulan Syariah

Reksadana Cipta Saham Unggulan Syariah merupakan salah satu produk dari PT. Ciptadana Asset Management. Produk ini merupakan bagian dari reksadana syariah. Untuk lebih memahami produk ini, maka akan lebih baik untuk mengetahui apa itu reksadana syariah.

Mengenal Reksadana Syariah dalam Reksadana Cipta Saham Unggulan Syariah

Reksadana syariah merupakan salah satu investasi yang berprinsip pada prinsip agama Islam. Reksadana syariah memiliki konsep yang sama dengan reksadana pada umumnya yaitu segala aktivitas saham diatur oleh pihak Manajer Investasi, namun dalam pelaksanaannya diterapkan prinsip-prinsip syariah yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Salah satu contoh perbedaan antara reksadana syariah dan reksadana non syariah adalah reksadana non syariah dapat bebas memilih instrumen investasi asal tetap pada ketentuan yang diberikan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Berbeda dengan reksadana non syariah, reksadana syariah selain berpacu pada ketentuan OJK, juga berpacu pada fatwa MUI. Hal ini menyebabkan pemilihan instrumen pada reksadana syariah menjadi terbatas.

Guna menghindari kebingungan dalam menjalankan reksadana non syariah, penanam modal harus memperhatikan 2 hal penting. Pertama, penanam modal harus memperhatikan Manajer Investasi yang mengelola pergerakan pasar. Kedua, penanam modal harus memperhatikan kinerja produk sebuah reksadana.

Jika kedua hal tersebut diperhatikan, maka jalannya reksadana syariah akan berjalan dengan lancar dan menghasilkan keuntungan berlebih.

Secara garis besar reksadana syariah dan reksadana non syariah dapat dibedakan menjadi sebagai berikut:

Reksadana Non Syariah

  1. Prinsip kontrak investasi kolektif berlaku dalam pengelolaan investasi yang diawasi oleh OJK.
  2. Tidak tersedia proses
  3. Jenis saham yang dipilih tidak harus berprinsip syariah.
  4. Pembagian keuntungan yang dilakukan antara Manajer Investasi dan penanam modal berdasarkan perkembangan suku bunga.
  5. Manajer Investasi menanggung risiko atas prinsip kolektivitas.

Reksadana Syariah

  1. Dikelola berdasarkan pengawasan dari OJK dan DPS (Dewan Pengawas Syariah).
  2. Tersedia proses
  3. Jenis saham yang dipilih harus sesuai dengan prinsip syariah.
  4. Pembagian keuntungan antara penanam modal dengan Manajer Investasi dikelola berdasarkan proporsi yang telah ditentukan.
  5. Manajer Investasi tidak dibebankan risiko, dan risiko dipegang oleh penanam modal.

Meskipun cukup sulit karena harus mematuhi prinsip-prinsip syariah. Reksadana Syariah memiliki keunggulan tersendiri diantaranya:

  1. Halal
    Reksadana syariah menerapkan prinsip syariah dalam pengelolaan investasi, sehingga perputaran uang dalam investasi terjamin kehalalannya. Perputaran uang dijamin kehalalannya karena dalam menjalankannya sesuai dengan hukum dan ketentuan dalam Islam.

    Investasi Syariah dimulai dengan melakukan akad atas kedua pihak. Sehingga bagi Manajer Investasi maupun penanam modal akan merasa aman.

  2. Jelas
    Reksadana Syariah berpedoman kepada hukum yang disyariatkan Islam, oleh karena itu investasi yang dilakukan terbukti kejelasannya. Kejelasan dalam investasi berfungsi sebagai sebuah kepastian dalam memulai investasi.

    Kejelasan ini juga berfungsi untuk menghindari fitnah yang mungkin saja terjadi antara kedua belah pihak saat proses investasi terjadi. Dalam kejelasan investasi juga diterapkan diskusi antara kedua belah pihak untuk menghindari hal-hal yang bersifat kritis dan rawan.

  3. Tidak Ada Keharaman
    Dalam Islam, praktik riba, gharar, dan maisyir yang biasa terjadi di dunia investasi tidak dijalankan. Ketiga praktik tersebut yang biasa terjadi pada reksadana non syariah dijamin tidak terjadi pada reksadana syariah.

    Reksadana syariah menerapkan akad dimuka dengan kesepakatan yang jauh dari kata haram. Selain itu pada reksadana syariah tidak berlaku suku bunga yang merupakan suatu hal di luar hukum Islam.

Profil PT. Ciptadana Asset Management

Perusahaan yang bergerak di bidang investasi khususnya reksadana syariah ini didirikan oleh Irene Maya Hambali dan Catherine Gina Hambali pada tahun 1990. Ciptadana telah mengelola dana selama kurang lebih 30 tahun. Dengan waktu yang cukup lama, Ciptadana sudah cukup berpengalaman dalam melayani klien penanam modal.

  1. Ciptadana Asset Management telah mengelola berbagai jenis reksadana pada saham-saham di Indonesia dengan memberikan jasa pengelolaan dana yang terorganisir bagi individu professional maupun institusi seperti perusahaan.
    Pendekatan pengelolaan portofolio di PT Ciptadana Asset Management yang memiliki tujuan mencapai apresiasi modal jangka panjang  melewati proses investasi yang terstruktur. Proses pengambilan keputusan dilakukan dengan cara menggabungkan 2 gaya berinvestasi  tradisional. 2 gaya investasi itu yakni sudut pandang ekonomi, atau pendekatan atas bawah, juga sudut pandang keamanan individual, atau pendekatan bawah atas.

    Strategi investasi disusun untuk mendeskripsikan aset finansial, obligasi, dan tingkat risiko dari masing-masing klien guna mencapai target investasi sebagai. Strategi ini disusun sebagai solusi  yang dirancang secara khusus.

  2. Ciptadana Asset Management memiliki peranan penting dalam dunia investasi yang menjadikan perusahaan ini meraih kesuksesan dan dipercaya banyak klien. Dengan keunggulan seperti pengetahuan yang mendalam, riset yang luas, serta pengalaman dan keahlian dalam menentukan keputusan untuk investasi yang tepat membuat perusahaan ini menjadi yang terpercaya sebagai Manajer Investasi, khususnya pada reksadana. PT Ciptadana Asset Management juga sudah mendapatkan banyak penghargaan di bidang investasi.

Reksadana Syariah

Visi, Misi, dan Nilai

  1. Ciptadana Asset Management selam hampir 30 tahun telah melawati masa-masa perubahan dalam perekonomian Indonesia. Perubahan populasi, pertumbuhan tingkat kekayaan, dan kemunduran ekonomi. Jatuhnya beberapa institusi berfinansial besar, arus baru dalam pengaturan regulasi industri, dan perkembangan dunia teknologi informasi telah dilewati perusahaan ini.

Dari segala perubahan, perusahaan ini tetap pada visi misinya sejak pertama didirikan. Visi, misi, dan nilai memiliki peran dalam memperkuat posisi perusahaan dalam pasar, produk-produk, dan opini-opini di sekitar.

Visi, Misi, dan Nilai Perusahaan

Visinya yakni menjadi pengelola dana, di mana yang dipercaya klien perusahaan yang membutuhkan bantuan untuk membangun, menjaga, selain itu juga meningkatkan portofolio investasi serta kekayaan finansial client.

Memposisikan client menjadi prioritas utama serta membantunya dalam pencapaian kesuksesan finansial. Yakni dengan kombinasi semua kompetensi utama, dari sekuritas hingga investment banking.

Reksadana Cipta Saham Unggulan Syariah sebagai sebuah produk dari PT. Ciptadana Asset Management selaku Manajer Investasi telah menerapkan segala prinsip syariah untuk memenuhi tujuan dalam berinvestasi. Pada reksadana syariah, Manajer Investasi akan memaksimalkan potensi keuntungan dalam jangka panjang.

Selain itu penempatan pasar dan uang kas akan tetap sesuai dengan syariah Islam. Manajer Investasi juga akan mengalokasikan saham sesuai dengan DES (Daftar Efek Syariah). Pengelolaan Reksadana Syariah disetujui oleh DSN-MUI. Persetujuan dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) merupakan salah satu syarat mutlak dalam produk investasi ini.

Reksadana syariah memiliki tujuan dalam berinvestasi. Diantaranya mencapai pertumbuhan investasi yang berjangka panjang dan optimal, menjalankan proses investasi dengan prinsip-prinsip syariah dari perusahaan-perusahaan unggulan yang telah terdaftar pada Bursa Efek Indonesia.  Reksadana jenis ini dikelola secara agresif dan terfokus pada investasi saham berbasis syariah.

Dengan produk investasi ini, penanam modal mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Pertama, penanam modal akan mendapatkan perusahaan-perusahaan unggulan yang professional dan terpercaya. Kedua, penanam modal akan merasa lebih yakin dan aman dengan penerapan prinsip-prinsip syariah yang terjamin kehalalannya dan jauh dari haram.

Artikel Terbaru
Back to Top
This page needs javascript enabled !