8 Ide Usaha Online Pelajar yang Mudah dan Minim Modal

usaha online pelajar

Apakah kamu seorang pelajar, dan ingin punya penghasilan sendiri untuk memenuhi kebutuhan pendidikanmu? Bagi kamu generasi milenial tak perlu risau sebab melalui artikel ini kami akan memberikan solusinya khusus bagi kalian. Kami sudah merangkum beragam ide usaha online pelajar yang bisa kalian jadikan referensi.

Walaupun saat ini telah banyak program beasiswa yang tersedia, namun terkadang dana beasiswa yang diberikan tak melulu dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari yang diperlukan oleh para pelajar.

Oleh karena itu, saat ini tak sedikit pula pelajar yang memerlukan pekerjaan sampingan guna menghasilkan pundi-pundi rupiah. Alasan utama yaitu agar kehidupan sehari-hari mereka dapat terpenuhi dengan baik. Nah, untuk lebih jelasnya simak infonya berikut ini ya!

8 Usaha online pelajar

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, bagi kalian yang berstatus sebagai pelajar dan ingin mempunyai bisnis. Kalian bisa memulai usaha dengan membuka toko online. Kamu tak perlu menyewa tempat ataupun mengeluarkan modal yang lebih besar. Dengan begitu kalian bisa memulai bisnis online tanpa perlu bersusah payah, bukan?

Bagi kalian para pelajar yang tertarik untuk mencoba bisnis online, berikut beberapa ide usaha online pelajar antara lain yakni:

  1. Reseller atau Dropshipper
    Perlu kamu ketahui jika menjadi reseller atau dropshipper merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk memulai bisnis online. Mengapa demikian? Pasalnya untuk menjadi seorang reseller kalian tak perlu modal yang begitu besar, sebab kalian hanya cukup menjual produk yang sudah tersedia saja.

    Taukah kamu apa perbedaan antara reseller dan dropshipper? Jadi reseller adalah menjual produk yang dimiliki oleh orang lain, tetapi dengan memakai brand milik kamu sendiri. Adapun langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang reseller ataupun dropshipper yaitu memilih produk yang hendak kamu jual.

    Kamu bisa menjadi referensi produk-produk tersebut melalui internet. Kemudian langkah selanjutnya kamu buka toko online yang tersedia di e-commerce ataupun media social yang ada. Perlu kamu ingat jika kunci menjadi seorang reseller atau dropshipper adalah tidak boleh malas untuk melakukan promosi. Jadi kamu harus rajin melakukan promosi dengan baik, serta menentukan harga yang tepat guna produk yang hendak kamu jual tersebut.

  2. Jual Pulsa Online
    Ide jualan yang kedua bagi pelajar adalah berjualan pulsa elektrik. Kamu bisa menawarkan melalui berbagai media social yang ada seperti website, blogspot ataupun wordpress. Kamu bisa memilih distributor pulsa.

    Ada beragam distributor pulsa, baik yang melalui provider langsung ataupun lewat tangan kedua yang menyediakan program kemitraan untuk memenuhi kebutuhan kamu yang hendak berbisnis produk digital. Bagaimana, mudah bukan?

  3. Jasa Membuat Blog
    Perlu kamu ketahui jika jasa membuat blog merupakan salah satu ide bisnis yang menarik untuk kamu coba. Bisnis ini jangan kamu pandang sebelah mata, sebab ide ini sangat menjanjikan. Blog tak hanya bisa untuk menulis pengalaman pribadi saja lho!

    Pasalnya sekarang kamu juga bisa memanfaatkan blog untuk menjalankan bisnis yang kamu miliki sendiri. Lantas, bagaimana sih caranya?

    Mungkin kamu bisa menulis sebuah artikel dengan beragam topik yang banyak dicari di internet. Contohnya saja seperti rekomendasi sebuah produk, tutorial, ataupun review produk. Kamu juga bisa melakukan riset tentang topik yang sedang banyak dicari tersebut menggunakan aplikasi seperti Google Trends.

    Nah, melalui blog yang sudah kamu miliki maka selanjutnya kamu dapat memasang iklan online yang bisa kamu gunakan sebagai sumber untuk meraup pundi-pundi rupiah.

  4. Jasa Penulisan Artikel
    Ide bisnis yang satu ini masih ada kaitannya dengan ide bisnis sebelumnya. Mungkin apabila kamu juga mempunyai keahlian dalam menulis artikel, selain kamu membuat blog pribadi kamu juga bisa lho sekalian menawarkan jasa pembuatan artikel.

    Kamu bisa mendaftarkannya melalui situs pencarian freelancer yang ada di internet, untuk memudahkan kamu dalam menemukan seorang klien yang hendak memakai jasamu tersebut. Akan tetapi, jangan lupa supaya kamu juga mencantumkan portofolio tulisan pada situs tersebut. Kira-kira apa tujuannya? Tujuannya ialah untuk meyakinkan para calon klien.

  5. Jasa Editing Video
    Apakah kamu mempunyai keahlian dalam bidang editing video? Namun, kurang percaya diri untuk membuat vlog? Tak perlu khawatir, sebab keahlianmu tadi bisa dimanfaatkan untuk membuka jasa editing video. Ide bisnis ini mungkin juga hampir serupa dengan jasa pembuatan artikel.

    Kamu bisa memanfaatkan situs pencarian fleelancer yang ada di internet untuk menawarkan jasa mu tersebut. Jangan ragu-ragu, sebab jasa editing video juga bisa menjadi sumber pendapatan bagi pelajaran juga lho!

    Pendapatan yang diraup pun juga cukup besar, apabila kamu benar-benar mahir saat  melakukannya. So, apakah kamu tak ingin mencobanya?

  6. Menjual Barang Preloved
    Kamu punya banyak barang yang sudah tak terpakai di rumah, tapi bingung mau dikemanakan? Daripada mubazir tak terpakai, kamu bisa menjadikan hal itu sebagai ide bisnis yang menarik yaitu menjual barang-barang preloved.

    pelajar

    Kamu bisa menjual barang-barang tersebut secara online. Sebagai contoh jika kamu memiliki baju yang sudah tidak muat, koleksi tas yang sudah tak terpakai, maka segera saja kamu pisahkan barang-barang tersebut.

    Setelah itu foto barang-barang itu semenarik mungkin. Kamu bisa memanfaatkan platform penjualan barang preloved yang ada di e-commerce atau melalui media social. Pastikan pula agar kamu membuat brand sendiri untuk produk jualanmu itu ya! Sebab bila sudah terkenal, maka kamu bisa memulai model bisnis yang lainnya, seperti menjadi jasa titip jual barang.

  7. Jual Snack Online
    Masih membahas tentang ide bisnis yang menarik bagi pelajar. Kamu bisa mencoba untuk berjualan makanan ringan atau snack. Ide yang satu ini sangat bagus sekali bagi kalian para pelajar. Mengapa? Sebab para pelajar baik putra ataupun putri biasanya hobby ngemil.

    Apalagi jika produk yang kamu tawarkan dikemas secara apik, sehingga bisa menjadi makanan yang hits nantinya. Beberapa jenis snack yang bisa kamu tawarkan seperti macaroni, cimol, cireng, cilok, seblak, sempol ataupun makanan ringan yang lainnya.

    Nah, kamu bisa memulai mempromosikan produk tersebut melalui akun media social seperti WhatsApp, Instagram, Facebook ataupun yang lain.

  8. Jasa Mengetik Tugas
    Yang Namanya pelajar pasti tak pernah lepas dari tugas harian, bukan? Apalagi di masa saat ini dimana kegiatan belajar mengajar lebih banyak dilakukan secara online. Oleh sebab itu, tak ada salahnya apabila kamu membuka jasa mengetik tugas. Hal itu juga bukan merupakan ide yang buruk lho!

    Justru ide bisnis yang satu ini bisa kamu lakukan di rumah, serta merupakan ide bisnis yang menjanjikan. Kamu bisa memulai dengan menawarkan jasa kepada teman-teman di grup WhatsApp serta media social yang lain.

    Peluang ini bisa sangat terbuka lebar apabila kamu mampu mengetik dalam waktu yang cepat. Pada mulanya, sebaiknya jangan terlalu mematok dengan harga yang tinggi. Pasalnya keuntungan yang kamu peroleh dapat kamu raup belakangan.

Well, itulah beberapa usaha online pelajar yang bisa kamu jadikan referensi. Kira-kira adakah ide usaha yang hendak kamu coba dalam waktu dekat ini?

Artikel Terbaru
Back to Top
This page needs javascript enabled !