Ragam Jenis Investasi yang Aman di 2021, Cocok Untuk Pemula

Ragam Jenis Investasi

Masih ragu untuk mulai berinvestasi? Buat pemula, ini dia jenis investasi yang aman dijalankan di 2021.Investasi adalah cara tepat untuk mengelola keuangan dengan baik. Adapun tujuannya tak lain untuk mendapatkan pendapatan dan keuntungan yang lebih banyak dari sebelumnya. Sayangnya, sampai saat ini masih banyak orang yang tidak menyadari betapa pentingnya melakukan investasi sejak dini, mungkin Anda termasuk salah satunya?

Bukan cuma satu atau dua, ada banyak jenis investasi untuk pemula yang bisa dicoba. Tak perlu khawatir, modal investasi yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak. So, jangan pernah ragu – ragu lagi untuk memulai menanam saham sedari sekarang.

Jenis Investasi yang Aman di 2021

Seiring dengan semakin maraknya instrumen yang bisa dipilih untuk berinvestasi, Anda bisa memulai dengan memilih jenis instrumen yang paling mudah. Jangan lupa, sesuaikan pula jenisnya untuk pemula yang baru belajar investasi.

Sebagai investor, Anda bisa memilih untuk berinvestasi dalam jangka pendek atau panjang sembari mengukur kemampuanmu di awal investasi. Berikut adalah jenis investasi yang aman bisa dicoba pemula di 2021.

P2P Lending

Ragam Jenis Investasi

Ini adalah jenis investasi pertama cocok untuk pemula. Cara investasi P2P Lending terbilang mudah, bahkan modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak. Menariknya, P2P Lending diklaim menjadi gebrakan baru berkat semakin berkembangnya dunia investasi yang dilakukan secara digital.

Buat Anda yang kebetulan lagi mempertimbangkan untuk memulai investasi yang memiliki modal cukup, P2P Lending cocok untuk Anda jalankan. Apalagi dengan memilih jenis investasi tersebut artinya Anda juga membantu pengusaha untuk mengembangkan usahanya.

Jika biasanya pemilik modal dan pemilik usaha difasilitasi oleh perbankan untuk proses investasi dan pemodalan, maka P2P Lending ini akan langsung mempertemukan investor dengan peminjam secara online untuk sekedar melakukan negosiasi yang lebih jauh lagi.

Dengan cara tersebut investasi pun akan berjalan dengan mudah dan praktis. Tidak hanya itu, P2P Lending juga termasuk jenis investasi yang minim kerugian bagi pelakunya akibat fee yang biasanya diambil pihak bank.

Obligasi

Jenis Investasi

Buat Anda nih yang bisa dibilang sudah cukup senior di dunia investasi, alias bukan pemula, maka jenis investasi yang aman dan cocok dijalankan adalah Obligasi. Singkatnya, pengertian investasi Obligasi sendiri adalah surat hutang yang diterbitkan oleh perusahaan maupun pemerintah. Anda sebagai investasi akan mendapatkan bunga atau keuntungan, serta pengembalian pokok hutang.

Namun jenis investasi Obligasi juga ada yang berbeda – beda, salah satu yang diklaim paling menguntungkan untuk dijalankan tahun ini adalah Surat Berharga Negara yang diterbitkan secara langsung oleh pemerintah. Dana investasi awal yang perlu dipersiapkan sebesar Rp 1 juta rupiah. Gimana, tertarik untuk mulai investasi Obligasi?

Deposito Berjangka

Jenis Investasi

Di Indonesia khususnya, sampai sekarang masih ada banyak orang yang lebih suka menyimpan uangnya di bank – bank dibanding diinvestasikan. Pertanyaannya, kenapa Anda tidak meencoba untuk menabung tapi dengan mendapatkan bunga atau untung yang lebih tinggi, layaknya investasi?

Hal demikianlah yang bisa Anda dapatkan jika memulai investasi jenis ini, Deposito Berjangka di beberapa bank pilihan. Tetapi juga perlu untuk diketahui, Anda tidak boleh mencairkan dana sebelum jangka waktu yang ditentukan, yakni 3, 6 atau 12 bulan.

Apabila Anda menarik dana sebelum tanggal jatuh tempo yang disepakati, maka Anda akan dikenai penalti. Meskipun demikian, jenis investasi modal cekak ini merupakan salah satu yang paling aman dengan resiko rendah sehingga cocok dijalankan pemula.

Logam Mulia atau Emas

Jenis Investasi

Ya, ada banyak sekali jenis investasi untuk pemula yang bisa dicoba, salah satu yang paling menarik adalah investasi Logam Mulia atau Emas. Ini merupakan bentuk investasi yang sudah ada sejak lama.

Seperti yang kita tahu bersama, harga emas di setiap tahunnya cenderung lebih stabil. Artinya, dengan memilih investasi tersebut maka Anda akan lebih mudah mengatur kondisi investasi Logam Mulia atau Emas dibanding lainnya.

Selain itu, investasi Emas juga memiliki resiko yang tidak terlalu tinggi. Logam Mulia atau Emas bahkan masih memiliki nilai yang cukup bagus dalam jangka panjang. Makanya, Logam Mulia merupakan pilihan yang paling tepat dan sangat cocok untuk pemula.

Reksa Dana

Jenis Investasi

Berbeda dengan instumen investasi di atas, Reksa Dana adalah instrumen yang menghimpun dana – dana dari para investor, untuk kemudian ditempatkan dalam portofolio efek oleh perusahaan asset manajemen tertentu.

Jangan khawatir, sekarang Anda bisa lebih mudah melakukan pembelian dan pencairan investasi Reksa Dan. Sebab, Anda bisa melakukannya secara online dengan ponsel kesayangan. Jika Anda tertarik untuk membeli Reksa Dana, pastikan platform yang dipilih dan digunakan adalah platform yang aman, terpercaya dan berpengalaman cukup lama dibidang investasi.

Selain itu, penting pula bagi Anda untuk memastikan dan mengetahui seluk beluk Reksa Dana yang dipilih. Tujuannya, agar Anda tidak mengalami kerugian dalam berinvestasi.

Valas atau Valuta Asing

Jenis Investasi

Lalu, ada Valas atau Valuta Asing yang merupakan jenis mata uang satu negara yang berbeda dengan mata uang negara pemilik. Investasi Valuta Asing ini biasanya dilakukan dengan cara melakukan penukaran antara mata uang satu negara dengan mata uang negara lain untuk tujuan mendapat imbalan hasil, alias utung.

Bentuk transaksi yang dilakukan disebut dengan Foreign Exchange atau Forex. Sayangnya, investasi Valuta Asing termasuk jenis investasi yang memiliki resiko tinggi. Alasannya, instrumen investasi tersebut memiliki fluktuasi mata uang negara lain yang tentunya bisa berubah – ubah.

Disarankan jika Anda menentukan untuk menyimpan Valuta Asing, sebaiknya memilih mata uang dengan tingkat kestabilan yang tinggi pula. Tidak hanya itu, penting pula untuk memperkirakan Fluktuasi Valuta Asing dengan menyimak sejumlah informasi yang ada kaitannya dengan kondisi ekonomi suatu negara untuk sekadar menghindari kerugian.

Apabila Anda berhasil melakukan hal tersebut dengan baik, maka keuntungan instrumen Valuta Asing pun akan lebih tinggi dibanding yang lain.

Saham

Jenis Investasi

Siapa yang tidak kenal dengan instrumen investasi Saham? Ini merupakan salah satu bentuk investasi dengan tingkat resiko yang tinggi. Oleh karenanya, untuk menyimpan Saham, sebaiknya Anda memahami seluk beluk Saham itu sendiri. Selain itu, penting pula bagi para investor untuk mengetahui informasi terkait perkembangan bisnis dan kondisi keuangan perusahaan yang Anda beli sahamnya.

Namun jika Anda seorang pemula yang baru belajar berinvestasi, akan lebih baik lagi jika Anda dibantu oleh seorang broker. Broker nanti akan membacakan pasar Saham dan membantu Anda dalam menentukan instrumen secara tepat.

Properti

Jenis Investasi
Terakhir ada investasi Properti. Memilih jenis investasi Properti adalah salah satu bentuk investasi yang bisa dibilang memiliki untung yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, investasi Properti juga dapat dilakukan dalam jangka waktu lama.

Meskpun demikian, investasi Properti juga memiliki resikonya tersendiri, seperti biaya sewa yang setiap tahunnya semakin naik dan adanya persaingan dalam berinvestasi yang semakin ketat.Nah, itu dia beberapa jenis investasi yang aman di 2021, cocok dijalankan oleh pemula. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Artikel Terbaru
Back to Top
This page needs javascript enabled !