Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Memang ada sebuah bisnis yang dapat dijalankan tanpa modal? Peluang bisnis online merupakan salah satu contoh bisnis tanpa modal yang pada dasarnya memiliki dua sisi positif dan negatif.

Dimana sisi positifnya, Anda tak perlu mengeluarkan modal untuk menjalankan bisnis tersebut. Sementara itu sisi negatifnya sendiri adalah bisnis online banyak terjadi penipuan, terutama untuk jenis bisnis MLM (Multi Level Marketing). Terlepas dari hal tersebut, sebagai pelaku bisnis Anda juga membutuhkan kreativitas, PC atau komputer dan jaringan internet.

Namun sebelum mulai menjalankan sebuah bisnis pastikan Anda sudah memilih jenis bisnis online yang akan Anda jalankan. Berikut ada beberapa peluang bisnis online tanpa modal yang dapat Anda jadikan referensi, terutama bagi para pelajar dan mahasiswa.

Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Sebagai pelajar atau mahasiswa, Anda pastinya memiliki modal sedikit atau bahkan sama sekali tidak memiliki modal karena belum memiliki penghasilan. Namun hal tersebut bukan menjadi halangan untuk merintis sebuah bisnis.

Sebab, masih ada banyak kemudahan untuk membuat siapa pun bisa memiliki bisnis tanpa harus menunggu banyaknya modal yang dimiliki. Caranya adalah dengan memilih salah satu peluang bisns online tanpa modal di bawah ini.

Ini adalah contoh bisnis online tanpa modal pertama yang cocok dijalankan pelajar dan mahasiswa. Pada dasarnya ada banyak jenis survey yang ditawarkan secara online dengan tujuan agar dapat meningkatkan kepuasan dan penggunaan suatu bisnis. Lembaga survey ini akan menawarkan insentif, baik berupa barang atau pun uang.

Buat Anda yang menginginkan tambahkan uang jajan, tapi tidak memiliki modal untuk bisnis menjadi bagian dari paid survey adalah pilihan tepatnya. Untuk memulai bisnis paid survey gampang banget, Anda hanya perlu mengisi survey dan meluangkan waktu selama 10 – 30 menit.

Buzzers

Peluang bisnis online tanpa modal lainnya adalah dengan menjadi seorang buzzers. Di sini Anda bertugas membagikan unggahan atau hal – hal menarik untuk mendapat insentif. Besar kecilnya insentif yang didapatkan tergantung dari seberapa aktifnya Anda membagikan konten – konten tersebut dan berapa banyaknya postingan yang dibagikan.

Jika Anda serius dalam menekuni bisnis tersebut, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan bayaran lebih dari angka 1 juta rupiah.

Dropshipper

Selanjutnya ada jenis bisnis dropshipper yang juga bisa dijalankan tanpa modal. Untuk menjalankan bisnis online untuk pelajar dan mahasiswa tersebut mudah sekali, yakni dengan memanfaatkan HP atau PC dan internet.

Berbeda dengan jenis bisnis tanpa modal di atas, konsep bisnis dropshipper adalah membantu menjualkan produk atau jasa milik orang lain (supplier). Untuk memasarkan produk atau jasa tersebut bisa melalui market place dan social media. Ketika ada pembeli yang datang, Anda hanya perlu memberitahu supplier mengenai pesanan tersebut.

Reseller

Cara menjadi reseller bisa dibilang gampang – gampang sulit. Anda hanya perlu memasarkan sebuah produk sama dengan cara menjadi dropshipper di atas. Namun yang membedakannya di sini adalah Anda harus membeli dan memiliki stok barang terlebih dulu. Selain itu, Anda juga perlu mengemas dan mengirimkan produk tersebut ke pelanggan atau pembeli.

Artinya, menjadi reseller tidak sepenuhnya bisnis tanpa modal, namun modal yang diperlukan untuk menjalankan jenis bisnis online tersebut tidaklah besar. Meskipun demikian, keuntungan yang bisa didapatkan cukup besar dengan syarat Anda harus pintar mencari supplier yang bisa memberikan harga barang murah dengan kualitas yang bagus.

Endorser

Buat Anda nih yang cukup aktif main – main di media sosial pastinya sudah tidak asing dengan kegiatan endorse, bukan? Ya, kegiatan ini biasanya banyak dilakukan oleh pebisnis online shop untuk memasarkan produk atau jasanya lewat media sosial.

Jika Anda merupakan pengguna aktif media sosial dengan jumlah followers yang banyak, maka tidak ada salahnya untuk menjadi seorang endorser. Fee akan Anda dapatkan dari setiap pebisnis yang menggunakan jasa endorse Anda.

Video Blogger

Video blogger atau yang juga disebut dengan vlogger adalah salah satu peluang bisnis modal nol rupiah yang dijalankan secara online. Peluang bisnis online tersebut memanfaatkan YouTube sebagai media dan kamera ponsel yang nanti akan dijadikan sebagai alat untuk membuat konten – konten yang menarik.

Keuntungan bisnis video blogger ini terbilang cukup besar dari Google Ads. Semakin banyaknya jumlah followers yang Anda miliki maka semakin besar pula keuntungan yang bisa didapatkan. Namun sebelumnya, pastikan Anda sudah membuat konten video yang menarik dan bermanfaat. Jangan lupa pula untuk memilih tema video sesuai passion dan target yang ingin dituju.

Selain itu, ada hal lain yang perlu dimiliki jika Anda berminat untuk menjadi video blogger, antara lain rasa percaya diri, kreativitas dan kemampuan mengedit video.  Setelah video dibuat, Anda juga masih harus mendaftarkan akun untuk dimonetisasi.

Maksud dari monetisasi di sini adalah video yang dibuat dapat disertakan iklan sehingga ketika orang mengeklik iklan tersebut, maka Anda akan mendapatkan fee.

Admin Social Media

Pada dasarnya ada banyak contoh bisnis tanpa modal yang dapat dijalankan lewat internet oleh pelajar dan mahasiswa, salah satunya adalah dengan menjadi admin social media.

Ya, Anda bisa mencoba untuk menjadi admin social media apalagi untuk menjalankan usaha tanpa modal tersebut terbilang mudah. Yakni, Anda hanya perlu membuat ide – ide menarik untuk mengisi sebuah konten.

Menjadi admin social media bisa dibilang cukup baru di beberapa tahun ini, tetapi banyak yang membutuhkanya. Terlebih lagi sekarang sudah ada banyak sekali akun – akun social media untuk berjualan online. Setidaknya ada 3 hal yang harus Anda lakukan untuk menjadi admin social media, diantaranya :

  • Membuat konten yang menarik
  • Meningkatkan jumlah followers dan likes
  • Berinteraksi dengan followers

Menawarkan Jasa Sesuai Hobi atau Keahlian

Terakhir adalah dengan menawarkan sebuah jasa sesuai hobi atau keahlian yang Anda miliki. Jika Anda meemiliki keahlian atau hobi pada sebuah bidan maka Anda bisa menjualnya untuk mendapatkan pendapatan atau fee.

Tawarkan saja jasa Anda lewat sosial media, seperti Instagram, Facebook, Twitter, Line, WhatsApp dan lain – lain. Anda tak perlu takut atau pun malu untuk menjual jasa Anda. Peluang jenis bisnis online untuk pelajar dan mahasiswa ini sangatlah besar, sebab banyak orang yang sekarang mencari kebutuhan mereka juga lewat social media, termasuk jasa.

Ingat, apapun keahlian yang Anda miliki jangan pernah ragu atau malu untuk mulai menawarkannya. Beberapa contoh keahlian yang sekarang banyak ditawarkan antara lain :

  • Freelancer
  • Jasa konsultasi
  • Penerjemah
  • Penulis
  • Jasa fotografi
  • Jasa desain
  • dan lain – lain

Selain menguntungkan, dalam bekerja Anda pastinya akan merasa senang tanpa beban karena sudah sangat sesuai dengan keahlian atau hobi.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang peluang bisnis online tanpa modal untuk pelajar dan mahasiswa. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru
Back to Top
This page needs javascript enabled !