Strategi Bisnis Online yang Tepat di 2021

Strategi Bisnis Online yang Tepat di 2021

Sejak mewabahnya Covid-19 diberbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia yang sampai pada saat ini masih belum diketahui kapan usainya sepertinya menjadi waktu yang cukup mengkhawatirkan, utamanya bagi para pelaku usaha. Bagaimana tidak, kegiatan bisnis kini tidak bisa dilakukan dengan bebas. Daripada membuat Anda semakin panik, berikut kami bagikan beberapa strategi bisnis online yang dapat membantu bisnis Anda agar tetap bertahan selama masa pandemi.

Strategi Bisnis Online yang Tepat di 2021

Pada dasarnya setiap pelaku usaha memiliki tips, trik dan strategi bisnisnya masing – masing. Namun kadang kalanya para pemula kebingungan dalam memilih strategi bisnis online yang tepat, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Makanya itu penting bagi Anda untuk menyimak dengan baik strategi bisnis online berikut yang dipercaya dapat menghindarkan bisnis Anda dari keterpurukan.

Umumnya aktivitas bisnis online meliputi kegiatan jual beli produk atau barang yang dilakukan secara online. Namun demikian, masih ada banyak jenis bisnis online lain yang juga dapat ditemukan di internet dalam berbagai bidang industri. Kegiatan bisnis online itu sendiri dapat diwujudkan dalam berbagai jenis website, blog, toko online atau akun sosial media.

Meskipun kelihatannya mudah dijalankan tetapi jika Anda menerapkan strategi bisnis yang salah bukan tidak mungkin bisnis yang Anda jalankan akan cepat gulung tikar. Tanpa perlu berlama – lama lagi, berikut adalah strategi bisnis online yang tepat dijalankan oleh pemula. Di simak, ya!

Penentuan Produk atau Jasa

Penentuan Produk atau Jasa

Tahun 2021 adalah waktu yang tepat untuk memulai sebuah usaha atau bisnis, baik bisnis online maupun offline. Misalnya untuk jenis bisnis online, sebagai langkah pertama yang perlu diambil adalah penentuan produk atau jasa yang nantinya akan Anda jual. Dalam hal ini Anda harus benar – benar memikirkan dengan matang apakah akan menjual barang atau jasa.

Sebelum membuat keputusan sebaiknya ketahui passion Anda dan pastikan apa yang Anda jual adalah yang selalu dicari oleh banyak orang. Jadilah pebisnis yang dapat menciptakan produk atau jasa yang bisa memberikan solusi dari masalah yang ada.

Membangun Mindset dan Sikap Mental Positif

Membangun Mindset dan Sikap Mental Positif

Mindset dan sikap mental positif adalah dual hal yang berperan penting dalam bisnis online. Apabila Anda sudah menentukan akan menjual produk atau jasa kini saatnya untuk berfokus terhadap satu jenis bisnis online terlebih dulu hingga sampai berhasil menjangkau pasar yang lebih luas lagi dan mendapat pelanggan tetap.

Tidak hanya itu, Anda juga harus tetap fokus terhadap bisnis yang sedang dijalani, jangan pernah mudah menyerah atau goyah jika dalam perjalanan bisnismu mengalami pasang surut. Sebab, kesuksesan dalam menjalankan sebuah bisnis tidak dapat diraih dengan mudah. Pastinya akan ada rintangan yang siap menghadang.

Penting untuk selalu diingat bahwa, kegagalan dan keberhasilan dalam sebuah bisnis adalah hal wajar. Jadi, tetaplah fokus untuk mempertahankan eksistensi bisnis onlinemu meski sedang mengalami kesulitan atau kegagalan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang.

Menawarkan Pengiriman Online

Menawarkan Pengiriman Online

Bukan hanya Anda saja, tetapi ada banyak pebisnis yang merasa terpukul keras, bahkan mereka harus berhenti dalam menjalankan bisnisnya sampai pemberitahuan lebih lanjut. Tetapi untuk jenis bisnis satu ini sepertinya Anda sedikit diuntungkan. Dengan menawarkan jasa pengiriman ke rumah tentu pelanggan Anda tidak perlu repot – repot lagi keluar rumah untuk sekadar membeli sesuatu yang mereka butuhkan.

Menawarkan Konsultasi Online

Menawarkan Konsultasi Online

Khususnya buat Anda yang menjalankan usaha sebagai instruktur yoga, ahli gizi, terapis dan lain sebagainya. Di masa pandemi seperti sekarang bukan berarti bisnis Anda berhenti begitu saja, Anda tetap bisa berkomunikasi dan melayani klien secara online, misalnya melalui SMS, chatting, panggilan telepon atau video.

Membuat Formulir Data Pelanggan

Membuat Formulir Data Pelanggan

Biasanya pebisnis pemula kerap mengabaikan untuk mencatat data – data pelanggannya. Alasannya karena mereka langsung bertransaksi di tempat. Tapi, bagaimana diwaktu pandemi seperti sekarang? Kini, justru saatnya bagi Anda untuk lebih teratur lagi.

Kumpulkan dengan baik kontak dan daftar pelanggan dengan cara mengisi formulir pelanggan. Biar lebih menarik lagi, Anda bisa menawarkan voucher atau diskon ketika pelanggan mengisi formulir. Selanjutnya, lakukan strategi pemasaran bisnis online yang tepat, yakni lewat email yang diberikan saat pelanggan mengisi formulir. Cara ini sangat baik untuk jangka panjang bisnis onlinemu.

Membuat Toko Online

Membuat Toko Online

Di zaman sekarang, orang tua, orang dewasa hingga anak – anak sudah mengenal dunia e-commerce. Tak ayal, kini toko online sudah menjadi masa depan yang cukup cerah. Untuk memulai Anda bis memilih salah satu e-commerce yang menyediakan format platform yang tepat untuk toko onlinemu.

Membuat Website Bisnis

Membuat Website Bisnis

Apabila Anda ingin strategi bisnis online yang benar – benar jangkau panjang, Anda harus banget membuat website untuk bisnis Anda. Ini akan membantu Anda dalam meningkatkan pengalaman secara keseluruhan. Apa branding yang dilakukan sudah tepat atau belum? Bisakah meletakan menu tertentu untuk memudahkan pelanggan mencari barang yang diinginkan?

Mengoptimalkan SEO Website Bisnis Anda

Mengoptimalkan SEO Website Bisnis Anda

Penting untuk diketahui pebisnis online, untuk menjadi sukses berarti harus memiliki website bisnis yang muncul di halaman pertama Google. Oleh karenanya Anda harus dapat memaksimalkan SEO website bisnis Anda.

Menawarkan Kartu E-Gift Pada Pelanggan

Menawarkan Kartu E-Gift Pada Pelanggan

Jangan salah, meski pandemi Covid-19 belum juga usai tetapi masih ada banyak orang yang ingin mendukung bisnis kecil. Salah satu cara yang dapat mereka lakukan adalah dengan membeli kartu hadiah yang ditawarkan di toko – toko online favorit.

Untuk itu Anda harus pintar – pintar dalam mengatur dan menjual e-gift online ke pelanggan. Jangan lupa, berikan promo – promo menarik agar pelanggan tetap membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Memberikan Hiburan ke Pelanggan

Memberikan Hiburan ke Pelanggan

Meskipun tujuan utama Anda adalah menjual dan memasarkan produk atau jasa, tetapi Anda juga bisa memulai memberikan hiburan kecil – kecilan ke pelanggan. Misalnya, seperti video menarik, tips atau trik yang masih ada kaitannya dengan produk atau jasa Anda. Hal ini akan membantu membuat pelanggan Anda semakin terikat dengan bisnismu, bahkan meski pandemi belum juga usai.

Memanfaatkan Semua Teknologi

Memanfaatkan Semua Teknologi

Strategi bisnis online untuk pemula di masa pandemi Covid-19 berikutnya adalah pemanfaatan semua jenis teknologi. Ini akan membantu memperbaiki jalannya bisnis online Anda dari bagian dalam, misalnya dengan memulai menggunakan absensi online untuk karyawan.

Mengatur Manajemen Keuangan Bisnis Online

Mengatur Manajemen Keuangan Bisnis Online

Pada berbagai bisnis tentu memerlukan manajemen keuangan yang tepat. Tujuannya, agar Anda bisa mengetahui keadaan bisnis secara mendetail, apakah mengalami kerugian atau sedang mendapat untung. Oleh karenanya penting untuk dilakukan pencatatan yang tepat dengan membuat laporan keuangan. Hal ini bisa dilakukan secara manual atau menggunakan software maupun aplikasi akuntansi.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang strategi bisnis online yang tepat di 2021. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Artikel Terbaru
Back to Top
This page needs javascript enabled !