Mengetahui Manfaat Asuransi Untuk Bisnis, Sudah Tahu?

Apa manfaat asuransi untuk bisnis? Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Singkatnya, pengertian asuransi adalah salah satu bentuk pengendalian resiko, baik secara finansial atau pun lainnya yang dilakukan dengan cara mengalihkan resiko tersebt dari satu pihak ke pihak lain. Sementara itu, asuransi bisnis sendiri didefinsikan sebagai salah satu produk yang dibuat khusus sebagai pelindung bagi bisnis tersebut.

Biasanya produk ini memiliki banyak manfaat, antara lain :

  • Pengalihan resiko
  • Pengumpulan dana
  • Premi yang seimbang

Selain itu, asuransi untuk bisnis bahkan dapat merangsang pertumbuhan bisnis itu sendiri. Asuransi juga diklaim bisa mencegah kerugian, pengendalian kerugian, memiliki manfaat sosial dan bisa pula dijadikan sebagai tabungan.

Manfaat Asuransi Untuk Bisnis

Sebagai pemilik bisnis yang ingin mengasuransikan bisnis atau perusahaannya, Anda akan mendapat dua perlindungan asuansi, yakni asuransi jiwa dan kesehatan. Produk ini dibuat untuk Anda sendiri dan properti untuk bisnis Anda.

Namun demikian, baik jenis asuransi jiwa maupun kesehatan ternyata juga dapat menanggung keluarga serta karyawan Anda jika tiba – tiba terjadi musibah. Sementara itu untuk asuransi properti sendiri dapat menangung kerugian pada bisnis seperti pencurian, kebakaran, bencara, huru hara dan lain sebagainya.

Jika sebuah bisnis tidak memiliki asuransi, bukan tidak mungkin setiap kerugian akan terasa sangat berat, apalagi jika Anda sendiri yang menanggung semuanya. Begitu pun sebaliknya, jika sebuah bisnis meemiliki asuransi maka kerugian yang dialami perusahaan akan Anda terima lebih ringan. Alasannya, akan ada pihak yang menanggung kerugian dalam bisnis atau perusahaan Anda sesuai perjanjian di awal.

Kembali ke pokok pembahasan di awal, berikut ini adalah beberapa manfaat asuransi untuk bisnis yang harus Anda tahu.

Jaminan Pengiriman Barang

Jangan berpikiran bisnis Anda akan berjalan normal – normal saja tanpa ada masalah sedikit pun. Baik itu bisnis skala besar atau kecil pastinya tidak bisa menghindari dari namanya masalah.

Ya, resiko bisnis bisa terjadi kapan saja, di mana saja dan dalam bentuk apa saja, salah satunya adalah resiko dalam pengiriman barang, baik lewat jalur darat, udara maupun laut. Dengan memiliki asuransi bisnis, maka pihak asuransi akan menanggung seluruh resiko yang terjadi. Tidak hanya itu, pihak asuransi juga akan membantu Anda menghadapi berbagai bentuk kerugian finansial akibat terjadinya sebuah resiko.

Perlindungan Resiko

Adapun manfaat asuransi untuk bisnis lainnya adalah sebagai perlindungan resiko. Jika suatu bisnis memiliki asuransi, maka Anda sebagai pemilik bisnis pastinya akan lebih mudah melindungi bisnis yang sedang berjalan.

Tujuan utama dari adanya asuransi bisnis di sini, yakni bisnis Anda akan lebih terlindungi dari berbagai resiko, bencana, gangguan dan lain sebagainya yang bisa mendatangkan kerugian, baik secara finansial atau pun non finansial.

Pengganti Kerugian

Tak bisa dipungkiri, tiap bisnis pastinya memilki resikonya sendiri, baik untuk jenis bisnis yang dijalankan secara online maupun offline. Namun besar atau kecilnya sebuah resiko jika faktanya bisnis Anda mengalami kerugian, maka mau tidak mau Anda harus bersiap menanggung kerugian tersebut.

Misalnya, jika jumlah kerugian yang dialami bisnis Anda masih tergolong kecil, alias masih bisa ditangani sendiri, mungkin hal tersebut tidak akan terlalu masalah. Tapi, bagaimana jika yang terjadi Anda justru mengalami kerugian dalam jumlah besar? Bisa – bisa bisnis yang Anda geluti mengalami kebangkrutan hingga akhirnya gulung tikar.

Namun yang demikian tidak akan pernah terjadi jika Anda menggunakan asuransi bisnis. Perusahaan asuranslah yang nantinya akan menanggung seluruh kerugian yang dialami bisnis atau perusahaan Anda. Meski Anda harus membayar premi secara berkala, tetapi dengan mengansurasikan bisnis Anda maka hal tersebut akan sangat membantu dalam menghadapi semua resiko yang ternyata benar – benar terjadi.

Memberikan Pondasi yang Kokoh

Penting untuk Anda tahu, asuransi tidak hanya memberikan manfaat dalam hal jaminan atas perlindungan resiko bisnis, tetapi asuransi juga bisa menjadi pondasi yang cukup kuat dan kokoh. Alasannya, asuransi nanti akan memperkuat bisnis itu sendiri.

Bagaimana tidak, dengan asuransi bisnis maka Anda bisa menjadi lebih fokus dalam mengembangkan bisnis tanpa harus memikirkan berbagai resiko finansial bisnis. So, jangan pernah ragu untuk segera mengasuransikan bisnis Anda sekarang juga!

Menjadi Pebisnis yang Lebih Berani

Ketika Anda akan mengembangkan bisnis, maka resiko menjadi hal lumrah untuk terjadi. Namun biasanya kegiatan bisnis yang besar misalnya diiringi pula dengan resiko yang besar pula, begitu pun sebaliknya.

Apabila sebuah bisnis sudah dihadapkan dengan berbagai kemungkinan secara ini, maka secara otomatis Anda sebagai pemilik bisnis akan ragu untuk menjalankanlangkah selanjutnya. Alasannya, Anda cukup gentar dalam menghadapi berbagai resiko yang ada di depan mata.

Dengan kata lain, Anda menjadi kurang berani untuk terus mengembangkan kegiatan bisnis. Salah satu cara paling tepat untuk mengatasi hal tersebut tidak lain adalah dengan menggunakan asuransi bisnis. Dengan menggunakan asuransi untuk bisnis maka Anda akan memiliki keberanian ekstra dalam mengembangkan bisnis dengan maksimal.

Seperti yang sudah kami singgung di awal, asuransi juga menjadi pelindung bagi bisnis Anda. Sebab, asuransi akan menangani semua bentuk resiko yang mungkin terjadi. Sehingga tanpa disadari Anda sebagai pelaku atau pemilik bisnis pastinya akan menjadi lebih berani lagi dalam mengalami resiko.

Dan berikut adalah beberapa kriteria resiko dalam sebuah bisnis yang dapat ditanggung asuransi penting untuk Anda ketahui, diantaranya :

Kriteria Resiko Dalam Bisnis yang Dapat Ditanggung Asuransi

Termasuk Dalam Resiko Murni dan Khusus

Maksud dari resiko murni dan khusus di sini adalah sebuah resiko yang muncul secara tidak terduga and bisa menimpa siapa saja. Contohnya resiko meninggal dunia dan kecelakaan.

Bisa Diukur dengan Uang

Adapun kriteria resiko lainnya yang dapat ditanggung asuransi adalah resiko yang dapat diukur dengan uang bukan dari segi emosional tertanggung. Misalnya pada asuransi jiwa, maka pihak asuransi hanya akan memberikan pengalihan berupa uang yang telah dipertanggungkan tanpa menghidupkan pihak yang meninggal.

Sifatnya Sama dan Jumlahnya Besar

Dalam sebuah bisnis pastinya ada banyak resiko yang akan dihadapi, namun banyaknya resiko tersebut ada beberapa jenis resiko yang dapat ditanggung oleh asuransi, yakni resiko yang sifatnya sama dan jumlahnya besar.

Terjadi Secara Kebetulan dan Tidak Disengaja

Perusahaan asuransi pastinya tidak mau menanggung dalam pengalihan resiko dari kerugian yang timbul akibat kesengajaan.

Dapat Dibuktikan

Khususnya untuk masalah satu ini biasany pihak asuransi akan terlebih dulu menuntut bukti yang sah dari kerugian yang dialami bisnis Anda sebelum akhirnya mengeluarkan ganti rugi. Misalnya, jika perusahaan Anda mengalami kehilangan kendaraan yang telah diasuransikan, maka Anda harus memiliki surat keterangan dari kepolisian yang menyatakan kehilangan tersebut.

Mengandung Kerugian Bagi Tertanggung

Selain itu, resiko yang diasuransikan juga harus menyangkut mengenai bisnis Anda sendiri. Apabila resiko ternyata hanya berdampak pada orang lain yang tidak ada kaitannya dengan bisnis Anda, maka pihak asuransi tidak akan mengalihkan resikonya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang manfaat asuransi untuk bisnis. Semoga informasinya bermanfaat.

Artikel Terbaru
Back to Top
This page needs javascript enabled !