Ini Dia Kelebihan dan Cara Investasi Reksadana di IPOT

Investasi Reksadana di IPOT

Beberapa dari Anda mungkin masih bingung mau berinvestasi reksadana yang mudah dan praktis itu di mana? Adapun beberapa aplikasi yang memudahkan berinvestasi salah satunya adalah IPOT dan di bawah ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara investasi reksadana di IPOT. Kalau penasaran yuk cari tahu di artikel ini!!

Kelebihan dan Cara Investasi Reksadana di IPOT

Reksadana adalah salah satu investasi bagi masyarakat yang mempunyai modal terutama untuk modal kecil dan masyarakat yang tidak mempunyai banyak waktu serta keahlian dalam menghitung risiko investasi.

Reksadana ini dibuat sebagai sarana untuk menimbun dana masyarakat yang mempunyai modal dan kemudian diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek oleh Manajer Investasi

Salah satu aplikasi yang menyediakan atau berguna untuk investasi reksadana adalah IPOT. Untuk bisa mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian IPOT, kelebihan, dan bagaimana cara berinvestasi maka simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu IPOT?

IPOT merupakan supermarket reksadana online yang pertama di Indonesia dan menawarkan berbagai reksadana lengkap dengan 29 MI atau Manajer Investasi terkenal di Indonesia serta 140 produk reksadana baik itu pendapatan tetap, pasar uang, campuran, maupun saham.

IPOT ini juga merupakan satu-satunya supermarket reksadana online yang sudah melakukan kerja sama dengan banyak Manajer Investasi dan mempunyai banyak pilihan produk reksadana yang bisa diakses melalui desktop, smartphone, tablet, maupun laptop. Oleh karena itu IPOT bisa diakses pula kapan pun yang Anda mau.

Di aplikasi IPOT, seseorang bisa melakukan semua kegiatan investasi secara online mulai dari mendaftar, membeli reksadana, memantau hasil, top up reksadana, menjual reksadana, dan mengalihkan atau switching reksadana.

Kelebihan Investasi di IPOT

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari berinvestasi di IPOT, antara lain:

Hanya membutuhkan satu akun saja untuk semua reksadana

Anda hanya membutuhkan satu akun saja untuk bisa mengakses semua reksadana di IPOT. Semua sistemnya sudah terintegrasi yakni mulai dari proses registrasi, rekening pembayaran, Manajer Investasi, hingga laporan.

Dana dan unit reksadana dijamin aman

Keamanan dana atau kepemilikan reksadana nasabah akan terjamin karena disimpan atas nama nasabah sendiri oleh bank Kustodian yang ada di bawah pengawasan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Selain itu, dana milik nasabah juga dijamin aman karena disimpan atas nama nasabah sendiri dan disimpan di rekening dana investor RDI di bank yang sudah ditunjuk oleh OJK dan pastinya terpisah dengan bank kepunyaan IPOT.

Bebas dari biaya dan pajak

Investasi reksadana di IPOT ini pastinya bebas biaya alias gratis baik itu biaya pembelian maupun penjualan untuk semua reksadana. Hal tersebut berarti berapapun nilai transaksi pembelian dan penjualan reksadana yang dilakukan tidak akan dikenakan biaya beli maupun jual 1% sampai 2%, biasanya biaya yang harus dibayarkan adalah biaya dari Agen Penjual reksadana lain misalnya seperti bank. Selain itu, Anda juga tidak perlu membayar biaya pajak dan biaya administrasi.

Tidak Memerlukan Tanda Tangan Basah

Seluruh transaksi baik itu pembelian maupun penjualan reksadana yang dilakukan di IPOT tidak memerlukan tanda tangan basah karena semua dilakukan secara online. Hal ini merupakan salah satu daya tarik utama dari kepraktisan IPOT.

Mempunyai database reksadana yang ter-update

Kelebihan IPOT selanjutnya adalah mempunyai database semua produk reksadana di Indonesia yang lengkap dan selalu diperbaharui atau update. Database yang lengkap ini pastinya bisa diakses secara mudah dan gratis. Anda juga bisa melakukan analisa pada database ini dengan menggunakan fasilitas atau alat Fund Screener secara mudah dan gratis di IPOT.

Modal awal murah

Untuk bisa berinvestasi di IPOT, Anda tidak memerlukan modal awal yang sangat mahal. Hanya dengan Rp 100.000 saja per bulan Anda sudah bisa berinvestasi reksadana di IPOT.

IPOT

Cara Investasi di IPOT

Berikut ini adalah cara berinvestasi di IPOT, yaitu:

Buka Rekening

Tahap pertama adalah membuka rekening terlebih dahulu melalui website IPOT yaitu Indopremier.com yang merupakan broker IPOT. Membuka rekening dengan cara ini hanya dilakukan secara online. Pihak IPOT sendiri juga menawarkan pengisian formulir melalui telepon.

Selain melalui website, Anda juga bisa membuka rekening melalui aplikasi. Caranya adalah dengan mengunduh aplikasi IPOT terlebih dahulu kemudian pilih tombol register dan isi form yang telah disediakan. Form tersebut berisi data diri mulai dari nomor KTP, foto diri dengan memegang KTP, dan foto spesimen tanda tangan.

Masuk IPOTFUND

Setelah berhasil membuka rekening maka Anda akan memperoleh user ID dan password. Kemudian Anda bisa masuk ke website dan melakukan login menggunakan user ID serta password yang telah diberikan.

Setelah selesai, Anda bisa klik tombol “our products” yang akan menampilkan semua layanan milik website Indopremier. Kemudian pilih IPOT yang merupakan suatu platform jual beli reksadana.

Jika sudah masuk di IPOT maka pilih “reksadana” kemudian “list reksa dana”. Dengan itu Anda akan dibawa ke daftar reksadana yang dijual di IPOT. Nantinya, Anda bisa membeli reksadana yang sudah tercantum di daftar tersebut. Namun untuk bisa melakukan pembelian, Anda harus deposit dana terlebih dahulu di rekening RDN.

Setor Dana

Jika ingin membeli reksadana maka harus mentransfer dana terlebih dahulu ke rekening milik Anda di IPOT. Rekening tersebut juga disebut sebagai RDI atau Rekening Dana Investasi yang dibuka bersamaan saat melakukan pendaftaran.

Saat membeli reksadana maka IPOT akan memotong dananya dari rekening RDI dan jika menjual reksadana maka hasilnya pun akan ditransfer ke rekening ini pula.

Order Reksadana

Setelah setor dana di RDI maka nasabah pun sudah siap melakukan investasi. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyeleksi dan memilih reksa dana yang akan dibeli terlebih dahulu. Di sana sudah tersedia daftar reksadana yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Daftar tersebut mencakup kinerja, risiko, Manajer Investasi, dan biaya.

Jika sudah memutuskan maka Anda tinggal klik “buy atau beli” yang ada di ujung kanan. Setelah itu akan keluar pilihan jumlah investasi dan dana yang ada di dalam rekening.

Memantau

Setelah memesan atau order maka kepemilikan reksadana ini akan menjadi portofolio. Nasabah bisa melihat nilai portofolio reksadana ini setiap hari.

Menjual

Jika ingin menjual maka Anda tinggal menekan tombol “Jual Reksadana”. Setelah itu akan muncul form penjualan. Form ini berisi semua reksadana yang dimiliki. Jika ingin menjualnya maka klik saja reksadana mana yang akan dijual. Menariknya adalah dana hasil penjualan ini bisa ditransfer ke rekening sesuai dengan keinginan nasabah.

Itu dia ulasan mengenai apa saja kelebihan, kekurangan, dan bagaimana cara investasi reksadana di IPOT. Semoga bisa membantu dan bermanfaat khususnya untuk Anda yang berencana investasi reksadana. Terima kasih sudah bersedia membaca dari awal sampai habis dan sampai jumpa lagi di artikel informatif lainnya!

Artikel Terbaru
Back to Top
This page needs javascript enabled !